Laman

Contoh Lengkap

Reverensi Acuan Contoh Surat, Contoh Makalah, Contoh Skripsi, Contoh Karya Iimiah, Contoh Advertiser, Jurnal Ilmiah, dan Penelitian Anda

Contoh Lengkap dan Cara Membuat Proposal Usaha dengan format yang Baik dan Benar

Contoh Lengkap dan Cara Membuat Proposal Usaha dengan format yang Baik dan Benar - Sebelum kita membangun sebuah usaha, mau itu bisnis kecil-kecilan, menengah ataupun sampingan sudah jelas membutuhkan banyak modal baik modal awal ataupun pengembangan usaha anda. Hal ini sudah menjelaskan bahwa modal ialah faktor pendukung walaupun bukanlah faktor utama, tetapi modal dapat menjadi kekuatan yang bisa menjadikan usaha anda lebih maju dan berkembang.

Contoh Lengkap dan Cara Membuat Proposal Usaha dengan format yang Baik dan Benar, contoh proposal, contoh proposal dengan format yang baik dan benar


Sebelum kita memulai usaha tersebut tentunya kita harus membuat bisnis plan nya/proposal usahanya seperti apa. Lalu apa pentingnya membuat proposal usaha? Kita bisa saja langsung memulai usaha tanpa harus memikirkan bagaimana membuat proposal bukan? Ya, memang benar. Pada dasarnya membuat usaha yang terpenting ialah PLAN, TAKE, and ACTION. Bukannya membuat proposal berlembar-lembar halamannya.

Namun kita pun wajib mengetahui berbagai macam permasalahan ataupun inti dan seluk beluk dari sebuah usaha tersebut ialah dari sebuah contoh proposal usaha yang anda buat. Jika anda ingin mempunyai sebuah usaha/bisnis yang besar, maka rancanglah pemikiran besar terhadap usaha/bisnis yang anda buat.


Namun kendala yang sering terjadi ialah ketidakpahaman kita tentang bagaimana cara membuat proposal dengan format yang baik dan benar, kendala ini dialami setiap lapisan masyarakat. Nah kerena itulah dalam artikel Contoh Lengkap dan Cara Membuat Proposal Usaha dengan format yang Baik dan Benar akan saya jabarkan secara rinci dan mendetail cara menulis proposal usaha dengan kaidah yang sesuai.

Bagian-bagian yang terdapat didalam proposal ialah sebagai berikut :

  1. Pendahuluan

Bagian pendahuluan ialah bagian/bab yang berisi latar belakang usaha yang anda miliki, apa visi dan misi usaha anda, serta gambaran singkat usaha yang ingin anda jalani termasuk didalamnya seperti apa keadaan pasar saat itu.

      2. Profil Badan Usaha

  • Jenis usaha

Jabarkan saja tentang jenis usaha yang ingin anda jalani secara garis besar. Jelaskan dengan bentuk table ataupun uraian singkat, lalu jelaskan secara singkat model bisnis yang ingin anda jalani
Nama perusahaan
Tentukanlah nama perusahaan anda, karena nama perusahaan merupakan branded yang akan melekat dihati pelanggan anda. Tulislah dalam proposal usaha.
  • Lokasi

Pemilihan lokasi ialah salah satu hal yang sangat mendasar dan penting dalam berbisnis, apalagi jikalau anda berbisnis yang memang harus memerlukan tempat. Pemilihan lokasi merupakan hal yang mutlak harus anda perhatikan. Tulislah lokasi perusahaan anda, buat peta atau denah nya dengan menggunakan google maps agar memudahkan anda dalam membuat peta.

  • Struktur Organisasi Perusahaan

Tuliskan lah struktur organisasi perusahaan anda. Karena setiap perusahaan pastilah mempunyai struktur organisasinya. Apabila perusahaan anda memiliki sistem menejerial maka sebutkan saja mulai dari owner/pemilik usaha, pengelola/manajer, marketing, produksi, packing,dll.

       3. Produk Perusahaan
  • Jenis produk

Sebutkan saja jenis-jenis produk yang anda buat, karena produk ialah jantung bisnis.
  • Pembuatan produk

Jelaskan tentang bagaimana cara pembuatan produk anda, jika anda produksi sendiri. Namun jika anda adalah seorang reseller maka jelaskan saja bagaimana sistem resellernya.
  • Keunggulan produk

Usaha yang bagus ialah usaha yang memiliki keunggulan, baik dari segi pelayanan maupun produk yang dihasilkan. Tuliskan apa keunggulan produk yang anda miliki.

      4. Laporan Keuangan
  • Alokasi dana

Alokasi dana berisi rancangan/perencanaan kebutuhan dana usaha anda serta pengeluaran yang digunakan dalam bisnis anda.
  • Perhitungan laba

Rancanglah perhitungan secara realistis dan logis tentang keuangan anda, ancaman, target laba rugi, resiko, dan lain-lain.
  • Perhitungan bagi hasil

Setelah semua bagian-bagian diatas selesai dirancang, maka yang terakhir anda tinggal menentukan berapa perbandingan bagi hasil yang akan anda tetapkan.

      5. Penutup

Didalam bagian penutup berisi kata-kata terakhir anda untuk lebih meyakinkan investor anda, supaya lebih tertarik, doa maupun harapan atas proposal bisnis anda. Dan ucapkan terimakasih atas waktu karena sudah membaca proposal anda.

      6. Lampiran
  • Data diri/biodata ower(pemilik usaha)
  • Lampirkan Surat perjanjian
  • Lampirkan surat izin usaha anda
  • Lampirkan sertifikat usaha / sertifikat kepelatihan anda

Bagian-bagian diatas merupakan unsur pokok yang sering dan biasanya digunakan dalam pembuatan proposal usaha yang baik dan benar sesuai kaidahnya.

Untuk ilmu tambahan, perhatikan pula format proposal anda dengan acuan sebagi berikut :
  • Kertas A4
  • Spasi 1,5
  • Font  size 12pt
  • Font style times new roman
  • Cover mika
berikut adalah contoh proposal usaha penjualan pakan burung dan ikan sebagai referensi untuk memulis proposal usaha anda.

Contoh Lengkap dan Cara Membuat Proposal Usaha dengan format yang Baik dan Benar, contoh proposal, contoh proposal dengan format yang baik dan benar

Demikianlah penjabaran tentang Contoh Lengkap dan Cara membuat proposal Usaha dengan format yang Baik dan Benar. semoga ilmu yang diberikan bisa diserap dan bermanfaat untuk anda. terimakasih 


Back To Top